Rabu, 11 Januari 2012

Pijat Lebih Ampuh Atasi Sakit Punggung

Pijat Lebih Ampuh Atasi Sakit Punggung


Sehatnews.com Ternyata terapi pijat lebih ampuh mengurangi nyeri punggung daripada konsumsi obat dan olahraga, sebuah penelitian menyebutkannya.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Amerika ini melibatkan setidaknya 400 peserta yang menderita sakit punggung kronis tanpa penyebab medis yang jelas untuk setidaknya tiga bulan.

Kemudian sepertiga dari mereka diberikan perawatan pijat struktural setiap minggu, sepertiga lainnya menerima pijat relaksasi dan sisanya mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau relaxers otot dan mengurangi tingkat aktivitas atau berolahraga.

Para ilmuwan pun menemukan, kedua kelompok peserta yang menerima perawatan pijat melaporkan bahwa gejala sakit punggung mereka berkurang setelah 10 minggu, dibandingkan kelompok yang tidak menerima pijat. Enam bulan kemudian, peserta yang tidak menerima pijat masih melaporkan gejala lebih buruk daripada mereka yang dipijat.

Peneliti percaya ini disebabkan oleh jenis pijat yang bekerja sama dengan baik untuk mengurangi rasa sakit.

"Meskipun terapi pijat struktural masih terlihat lebih baik dari pada pijat relaksasi, namun hasilnya sama baik untuk merawat sakit punggung," kata peneliti Karen J. Sherman, dari Kelompok nirlaba Research Institute di Seattle, Amerika.
 
Rekan Sherman juga mengungkapkan hal yang sama mengenai fungsi ditemukannya pijat sebagai perawatan sakit punggung. 

"Ini penting karena nyeri punggung kronis adalah salah satu alasan paling umum orang periksa ke dokter dan praktisi alternatif" jelas Daniel Cherkin, peneliti senior di Institut yang sama.

Sering kali pasien sakit punggung atau pinggan yang datang di Rumah sehat refleksi mereka sudah dalam kondisi sudah kronis, karena sudah diterapi kamana-mana dan hasilnya kurang maksimal bahkan malah tambah sakit.
Karena kadang cara pijat yang tidak tepat dan asal-asalan. Bahkan para pasien kadang sudah menjalani fisioterapi ber puluh-puluh kali.

Padahal jika keluhan sakit pinggang atau punggung karena faktor terkilir atau terjepit jika ditangani secara benar insya Allah hanya dengan 2-3 kali terapi, sudah sembuh dengan normal. Bisa anda buktikan di Rumah Sehat refleksi di jl. Brotonegoro barat no. 108 Gresik kota Baru tlp. 031-70431304

www.rumah-refleksi.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar